Jumat, 23 Januari 2009

WIKINOMICS


Dewasa ini terjadi suatu proses luar biasa dalam hal kolaborasi global berbasis web dan ini menjadi suatu kegiatan bisnis masa depan yang akan mengubah pola interkasi manusia dalam berelasi, berbisnis dan membangun budaya baru. Hal ini merupakan kegiatan inti dari suatu terminologi baru yang disebut dengan "WIKINOMICS."

Wikinomics adalah suatu kekuatan baru yang mempersatukan orang-orang di internet untuk menciptakan sebuah otak raksasa. Ada 4 prinsip dasar wikinomics, yaitu keterbukaan, peering, berbagi dan bertindak global. Saat ini terjadi suatu ledakan jejaring sosial. MySpace tumbuh dengan 2 juta pendaftar baru tiap minggu dengan jumlah pengguna lebih dari 200 juta orang dan segera menuju angka setengah Milyar. Mayoritas generasi muda di Amerika saat ini menggunakan Facebook. Satu blog baru dibuat setiap detik dalam setiap hari. Inilah dunia baru yang segera membangun budaya baru.

Mereka yang menjadi bagian masyarakat baru ini setidaknya memiliki satu blog dan memiliki account didalam salah satu jejaring sosial. Semua proses relasi dan partisipasi dibangun dalam jejaring ini. Apakah itu bisnis, hiburan, sosial, budaya bahkan sampai dengan politik telah memanfaatkan jejaring sosial ini. Mari kita sambut dan meriahkan masyarakat baru dengan budaya baru, tentunya dengan tetap bertekad untuk mewujudkan tatanan dunia baru yang menghargai kemanusiaan, kesetaraan dan perdamaian.


Tidak ada komentar: