Sabtu, 17 Januari 2009

BANJIR LAGI BANJIR LAGI


Jakarta, Bandung selatan dan dibanyak tempat saat ini mulai diterpa banjir lagi. Ini adalah bencana klasik dan terjadi secara periodik. Kita tidak pernah belajar dan tidak pernah mempersiapkan secara lebih baik bagaimana menanggulangi banjir tersebut. Jakarta sekali pun sudah berada ditangan ahlinya tetap saja mengalami banjir klasik ini.

Bandung setelah beberapa waktu waktu lalu diterpa hawa panas luar biasa saat ini diterpa hawa dingin (mestinya memang Bandung dingin ya ...). Kemarin suhu di Bandung sekitar 19 derajat celcius, mengingatkan aku saat di New York atau London, aku sih kebetulan suka udara dingin. Tetapi perubahan suhu yang luar biasa ini perlu dicermati secara seksama dan menjadi gejala serius dari perubahan iklim yang drastis diplanet bumi ini.

Salah satu penyebabnya adalah masalah penggundulan hutan yang terjadi secara masif. Dulu Indonesia merupakan negara urutan ke-2 setelah Brazil yang memiliki hutan tropis terbesar di dunia, saat ini Indonesia berada diurutan ke-10. Selama 20 tahun terakhir terjadi perusakan hutan yang sangat parah di Indonesia, dampaknya polusi asap, perubahan iklim, banjir, tetapi kesulitan air saat kemarau.

Nah, sekarang negeri ini sedang sibuk menyongsong Pemilu termasuk Pemilihan Presiden. Sudah beberapa tokoh mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2009, tetapi tidak satu pun yang memiliki "green vision" tidak satu pun yang peduli terhadap penghijauan & perubahan iklim, jadi bagaimana nasib hutan dan lingkungan kita ke depan? wallahualam bissawab .... untuk berikutnya kita siap-siap banjir lagi ... banjir lagi .... dan kita hanya bisa berteriak ... MANA AHLINYA ??????????

Tidak ada komentar: