Selasa, 13 Januari 2009

KNOWLEDGE UPDATE PEMILU oleh DR. EEP S. FATAH

Hari ini Selasa 13 Januari 2009 aku mengikuti acara Knowledge Update Pemilu 2009 oleh Dr. Eep Saefullah Fatah yang di pandu oleh Rahma Syarita dari TV One. Acara cukup menarik. Bung Eep menyampaikan beberapa hal seputar Pemilu 2009 dan prediksinya, yaitu keunggulan 3 Partai : PARTAI DEMOKRAT, GOLKAR & PDIP.

Disamping itu Bung Eep memaparkan kemungkinan masih berpasangan antara SBY-JK dan kemungkinan pasangan ini memenangkan Pemilihan Presiden. Tetapi menurut Bung Eep perkembangan terakhir mendekati Pemilu sangat mungkin akan mengubah semua peta perkiraan yang ada.

Hal lain yang diulas adalah mengenai independensi lembaga survey. Ada kecenderungan lembaga survey sudah menjadi konsultan politik dan secara langsung maupun tidak langsung mendukung client mereka. Jadi bagaimana kita harus menempatkan lembaga survey dalam kehidupan demokrasi saat ini? Ini merupakan suatu pertanyaan serius.

Faktor lain yang harus diperhitungkan adalah masalah HALLO EFFECT dalam kegiatan survey. Dalam kondisi ini terjadi suatu kecenderungan yang akan dipengaruhi pada suatu penafsiran atau pemberian angka (skor tertentu) bagi seseorang dalam hubungan dengan suatu karakteristik tertentu dengan suatu kesan tertentu yang sama sekali tidak relevan atau taksiran tertentu (baik atau buruk) dari individu yang sama. Hal ini sering menjadi sumber kesalahan dalam survey yang menggunakan rating scale sebagai prosedur untuk menjaring opini. Jadi bagaimana anda menyikapi hasil survey selama ini? semuanya terpulang pada anda. Pesan yang penting adalah : jadilah warna negara yang kritis, partisipatif dan kontributif demi kehidupan demokrasi yang lebih baik.

Tidak ada komentar: