Kamis, 15 Januari 2009

PERUBAHAN MENURUT DR. QURAISH SHIHAB


Hari ini Kamis 15 Januari 2009 penulis berkesempatan mengikuti tausiah langsung dari Dr. Quraish Shihab tentang perubahan dan kerja. Menurut Dr. Quraish Shihab (QS) selama ini terjadi salah kaprah orang dalam menyikapi perubahan. Hal ini terlihat dari pameo bahwa “tidak ada yang pasti, semua itu berubah, kecuali perubahan itu sendiri.” Menurut QS ada banyak yang tidak berubah selain perubahan, seperti keyakinan yang sudah benar jangan sampai berubah. Memang menurut beliau fungsi utama Al Quran diturunkan adalah untuk perubahan, terlebih-lebih Nabi Muhammad SAW diutus adalah untuk merubah dan menyempurnakan akhlak.

Hal hakiki yang ingin diubah adalah pola pikir dan pola pikir ini akan mempengaruhi kerja. Kerja pada prinsipnya adalah penggunaan daya. Ada 4 daya yaitu Fisik, Pikir, Kalbu dan Hidup. Untuk melakukan perubahan diperlukan amal dan amal yang baik menurut Al-Quran adalah amal saleh.

Disamping itu ada kekeliruan lain dalam menyikapi perubahan sesuai dengan yang disebutkan Al-Quran. Selama ini sering dicuplik ucapan “Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa jika bangsa itu sendiri tidak mengubahnya.” Menurut QS yang benar adalah “Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum (kelompok) apabila kaum itu tidak mengubah keadaan internalnya terlebih dahulu.” Jadi suatu kaum atau sekelompok orang harus mengubah keadaan internal terlebih dahulu baru kemudian Tuhan mengubah keadaan diluarnya (eksternal).

Untuk melakukan perubahan harus diawali dengan niat yang sungguh-sungguh. Kemudian niat ini harus diimplementasikan dengan disiplin, kerjasama, menghargai waktu dan dibalut dengan rasa optimisme. Dalam bekerja juga harus mengamalkan 5 As yaitu kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, kerja mawas dan kerja tuntas. Disamping itu dalam menjalankan perubahan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya keteladanan. Perubahan tidak bisa dilakukan oleh hanya satu orang tapi oleh banyak orang, namun untuk menggerakkan banyak orang diperlukan keteladan dari tokoh-tokoh kunci suatu kaum atau kelompok. Inilah yang menentukan kesuksesan suatu perubahan.

1 komentar:

ridha mengatakan...

menarik sekali pembahasannya...

saya jadi kepingin ikut langsung tausiyah dengan Quraish Shihab seperti pak zil...

ulasan dari pak zil juga cukup berbobot. singkat, padat dan menarik...