Jumat, 23 Januari 2009

REACTION FORMATION


Pernahkah anda menyaksikan sesorang yang berperilaku berlebihan seperti terlalu sopan, terlalu menyanjung anda atau melayani anda berlebihan, tetapi feeling anda mengatakan sebaliknya, bahwa perilaku orang tersebut tidak natural dan sesungguhnya sikap mereka yang asli adalah berlawanan dengan apa yang ditunjukkan. Dalam Psikologi perilaku seperti ini disebut dengan REACTION FORMATION (RF).

RF adalah salah satu bentuk mekanisme pertahanan diri. Istilah ini sering digunakan oleh para ahli psikoanalisis untuk menunjukkan suatu mekanisme tak sadar, yang kadang-kadang dikembangkan sebagai suatu ciri pembawaan dan diwujudkan dalam bentuk tindakan irrasional. Kadang muncul perilaku berlebihan dan kasar dalam arah yang berlawanan dengan gerak hati atau keinginan yang sedang tertekan. Ini merupakan suatu bentuk pembelaan diri dari individu yang ingin melawan gerak hatinya (karena norma atau konsekuensi negatif yang bakal ia terima jika berperilaku sesungguhnya).

Perilaku ini dalam jangka panjang dapat menimbulkan suatu iklim relasi yang kurang sehat dan dapat menghambat individu untuk mencapai keseimbangan psikologis.

Tidak ada komentar: