Jumat, 23 Januari 2009

HR COMPETENCIES


Penulis baru saja membaca buku teranyar karangan Dave Ulrich Cs tentang "HR COMPETENCIES." Dave Ulrich dikenal sebagai salah satu pakar penting dalam bidang Human Resources (HR). Cukup banyak buku karangannya yang mengulas tentang dunia manusia dikaitkan dengan organisasi dan kerja. Secara spesifik ia juga mengkaji persoalan kompetensi.

Sebagaimana diketahui kompetensi sering sekali diartikan sebagai suatu output dari kristalisasi Skill, Knowledge dan Attitude. Pengukuran tentang hal ini banyak dilakukan dengan berbagai pendekatan dan metoda. Namun, seringkali pula pengukuran tentang kompetensi tidak sejalan dengan kinerja ataupun produktivitas seseorang. Ini menjadi dilema tersendiri bagi pengelola HR dalam menjelaskan bagaimana kontribusi kompetensi individu dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.

Dalam buku HR Competencies, Dave Ulrich Cs dengan cerdas menguraikan hal tersebut. Buku ini sendiri dirancang dengan merespon 4 pertanyaan kunci, yaitu :

1. What makes successful HR professional?
2. Which HR competencies have the most impact on the performance of the HR professional?
3. How do HR competencies affect business performance?
4. How do HR departements affect business vs individuals who work in HR?

Khusus berkaitan dengan kompetensi HR dikaitkan dengan kinerja Dave Ulrich Cs mengatakan bahwa : "we believe that in knowledge and service economics, organization and people issues become key to long-term success. HR professional who have competencies to architect. coach, design, and facilitate organization and people issues wil help their organization succed."

Ada 6 kompetensi yang harus dimiliki HR agar mampu mendorong kinerja bisnis, yaitu :
1. Credible activists
2. Culture & change stewards
3. Talent Managers/Organizational designers
4. Strategy architects
5. Operational executors
6. Business allies

Jadi jelas menurut Dave Ulrich keberhasilan bisnis sangat terkait dengan kompetensi dari orang-orang meng-"run" bisnis itu sendiri.

Tidak ada komentar: