Rabu, 14 Januari 2009

INDONESIA MEMBUTUHKAN PRESIDEN SEPERTI APA?

Pertanyaan ini diajukan oleh PETER ROSLER GARCIA ahli politik dan ekonomi luar negeri dari Hamburg Jerman. Peter menjawab sendiri pertanyaannya yaitu yang dibutuhkan adalah Presiden yang mampu menempatkan Indonesia dalam kelompok 10 negara utama dunia.

Menurut Peter, untuk bisa menjadi negara terkemuka maka negara tersebut harus memiliki kemampuan ekonomi dan militer diatas negara lain. Jadi Presiden yang terpilih harus menguasai masalah ekonomi dan militer jika ingin membawa Indonesia maju. Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia yang luar biasa, tetapi belum dikelola secara baik. Ini menjadi tugas penting seorang Presiden untuk mengelola seluruh sumber daya tersebut secara benar.

Menurut penulis, selain faktor ekonomi dan militer maka faktor yang tidak bisa diabaikan adalah penguasaan teknologi. Jadi kalau Indonesia ingin menjadi negara terkemuka maka kemampuan dibidang ekonomi, militer dan teknologi mutlak diperlukan. Sehingga Presiden yang terpilih tidak cukup hanya menguasai ekonomi dan militer namun harus memiliki wawasan dan orientasi teknologi yang baik pula. Siapakah Calon Presiden tersebut, secara demokratis anda semua berhak menilainya.

Tidak ada komentar: