Rabu, 21 Januari 2009

PIDATO OBAMA


Pidato Obama saat inaugurasi sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44 yang berlangsung Selasa 20 Januari 2009 sangatlah tidak menggigit. Pidato tersebut sangat berbeda dibandingkan dengan pidato Obama saat kampanye. Apabila saat kampanye Obama kerap menggunakan kata CHANGE & HOPE maka pada saat pelantikannya Obama lebih banyak menggunakan kata-kata CRISIS. Selain "crisis" yang banyak digunakan juga adalah kata-kata "work", "jobs", "economy" dan bahkan "blood."

Hal ini mengindikasikan hal tertentu, jika saat kampanye Obama begitu optimisnya maka saat pelantikan sebagai Presiden Obama cenderung lebih bernada pesimis, mungkin ini lebih realistis dikaitkan dengan kondisi negara adidaya tersebut.

Hal lain yang patut disayangkan adalah Obama sama sekali tidak menyebut masalah Palestina. Jika sebelum dilantik ia diam seribu bahasa dan beralasan belum resmi sebagai Presiden, maka pada saat pelantikan ini Obama tampak memang sama sekali mengabaikan masalah Palestina tersebut, padahal korban yang terbunuh cukup banyak dan kesengsaraan yang diakibatkan ulah Israel tersebut cukup luar biasa.

Memang ada bagian yang sedikit menyejukkan, yaitu janji Obama untuk merangkul dunia Muslim dan melakukan kerja sama yang saling menguntungkan. Mengingat pada era Bush yang begitu paranoid terhadap Islam, tentu janji Obama ini memberikan secercah harapan.

Pidato awal ini memberikan sedikit gambaran tentang hal-hal apa yang dianggap penting oleh Obama dan bagaimana ia mulai menjalankan pemerintahannya. Memang ini sangat awal, namun setidaknya kita mengetahui bahwa apa yang disampaikan oleh Obama saat pelantikannya sebagai Presiden AS tidak semenggelegar dibandingkan pidatonya saat kampanye. Jadi bagaimana Mr. President? Apakah CHANGE dan HOPE tetap mewarnai jalannya pemerintahan anda? Kita tunggu perkembangan lebih lanjut dari Paman Sam.

Tidak ada komentar: