Rabu, 02 Juli 2008

LEADERSHIP IN TRANSITION

Aku kemarin Selasa 1 Juli 2008 berkesempatan mengikuti Seminar Leadership in Transition yang diselenggarakan oleh DDI dengan menhadirkan pembicara Ann Howard, Dirut BEI Erry Firmansyah, CEO Kompas, CEO Holcim, Chairman JP Morgan, Chairman Samudera Indonesia bu Shanti. Acara dipandu oleh Mieke Malaon dan Victor Magdaraog dari DDI Philiphine.

Seminar berjalan sangat dinamis. Leader memang seumpama pelayan, tugas utamanya adalah melayani agar seluruh potensi people dan organisasi bisa berjalan selaras dan secara optimal mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kemudian dicontohkan juga Leadership itu diumpamakan kita mengelola sebuah restoran, kita melayani seluruh pengunjung, nah fakta mengatakan (dari hasil survey DDI) bahwa hanya sekitar 40% orang yang puas dengan kepemimpinan saat ini. Bayangkan anda buka restoran, hanya 40% yang puas dengan menu dan pelayanan yang anda sajikan. Kalau menurut saya disini ada krisis kepemimpinan.
Dari pengalaman saya memimpin mulai dari dulu ketua Angkatan jaman mahasiswa, di Senat Mahasiswa, Ketua Asrama Mahasiswa, Ketua RT, Ketua Organisasi Profesi Psikologi (Himpsi) dan berbagai aktivitas lainnya dilingkungan masyarakat maupun profesi, maupun menduduki jabatan formal di perusahaan/kantor, memang leadership itu adalah melayani. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan itu kita harus siap menderita, berkorban, disudutkan dan menghadapi berbagai tekanan. Tetapi pada saat kita berhasil mengatasi semua itu dengan baik akan timbul kepuasan yang luar biasa, meskipun berkorban disisi lain ada kualitas personal yang dirasakan meningkat. Memang benar kata orang bijak aktivitas memberi lebih memiliki kepuasan daripada menerima. Anda lebih terhormat dalam posisi memberi meskipun untuk itu anda harus berkorban. Bukankah ajaran agama juga mengatakan tangan diatas lebih mulia dari tangan yang dibawah dan sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain. menurutku itulah intinya kepemimpinan alias leadership, bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar: