Selasa, 08 Juli 2008

STRATEGI & TIPS MENJADI PRESIDEN


Dewasa ini kita temukan beberapa figur telah memastikan diri untuk menjadi Calon Presiden RI tahun 2009-2014. Beberapa lainnya dalam tahap persiapan untuk menunggu waktu yang tepat untuk mendeklarasikan diri menjadi Calon Presiden. Beberapa pengalaman dalam pemilihan Presiden diberbagai negara termasuk Amerika, Rusia dan Indonesia sendiri memberikan beberapa pelajaran menarik. Penulis mencoba mengkaji proses-proses yang terjadi tersebut dan melakukan analisa mengapa seseorang sampai terpilih menjadi Presiden.

Dalam artikel pendek ini coba dijelaskan secara ringkas mengenai strategi & tips menjadi presiden untuk bahan pertimbangan Calon Presiden dalam berkampanye, sebagai berikut :

1. Pengaruhi Media
2. Memiliki jaringan dengan lembaga survey
3. Fokus pada pemilih abu-abu dan pemilih pemula
4. Siapkan jaringan keseluruh lembaga potensial (ormas, kepemudaan, olahraga dsbnya)
5. Manfaatkan sebanyak mungkin public figur (tokoh agama, selebriti, artis, tokoh olahraga, tokoh budaya, dsbnya)
6. Tampil sebanyak mungkin dalam berbagai event
7. Gunakan isu-isu yang menyentuh masyarakat untuk tema kampanye (perlu suvey tersendiri untuk ini).
8. Tim anda harus bergerak secara simultan dalam berbagai area dan wilayah.
9. Citrakan diri anda untuk berpihak semaksimal mungkin kepada mayoritas pemilih berdasarkan analisis demographi.
10. Dan sebagainya.

Masih cukup banyak strategi dan tips lainnya dan strategi komprehensif untuk memenangkan pemilihan presiden, mohon maaf ruang ini terlalu terbatas untuk membahas secara menyeluruh.

Nb : Selain strategi yang bersifat umum ada pula strategi yang bersifat khusus terkait dengan personality dan rekam jejak calon presiden, sehingga strategi kampanye harus menyesuaikan. Untuk itu diperlukan analisa pribadi, keluarga, pengalaman, jejak masa lalu dan sebagainya untuk merancang suatu strategi kampanye yang tepat.

Tidak ada komentar: