Jumat, 11 Juli 2008

MAU PILIH PARPOL YANG MANA ?


Setelah KPU menetapkan 34 Parpol yang akan mengikuti Pemilu 2009, anda mau pilih yang mana? Sebelumnya pada tahun 2004 ada 24 Parpol peserta Pemilu, saat ini ada pertambahan luar biasa menjadi 34 Parpol, meskipun belum bisa menyamai rekor diawal reformasi tahun 1999 ada 48 Parpol. Jumlah 34 Parpol inipun masih dibayang-bayangi ada sejumlah Parpol yang tidak memenuhi batas threshold sehingga tidak bisa diikutkan kemudian mengajukan judicial review dan dikabulkan, sehingga menjadi dasar mereka menuntut ke KPU untuk diakui.

Partai Politik alias Parpol memang penting dalam kehidupan demokrasi. Parpol setidaknya memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai wahana penyalur aspirasi politik.
2. Sebagai media perjuangan ideologi.
3. Sebagai representasi rakyat.
4. Menjadi media pendidikan politik.
5. Salah satu pusat pembinaan kader bangsa.

Namun, apakah kondisi Parpol dewasa ini telah mencerminkan hal tersebut? Memang masih tanda tanya besar buat kita. Mungkin hanya segelintir Parpol yang melakukan tersebut, itu baru sebagian fungsi yang mampu dilakukan, jadi bagaimana harapan kita terhadap Parpol ke depan? Ini pun perlu dicermati ditengah apatisme masyarakat terhadap kehidupan dan berpolitik bangsa kita. Tentunya ini ujian lebih lanjut pasca reformasi, bagaimana Parpol mampu berperan secara efektif membangun kehidupan perpolitikan bangsa secara sehat dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi pertumbuhan kehidupan demokrasi dan kemakmuran rakyat. Jadi anda pilih Parpol nomor berapa?

2 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda :

http://partai-politik.infogue.com/
http://partai-politik.infogue.com/mau_pilih_parpol_yang_mana_

promosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

Moch. Sabri mengatakan...

Terima kasih kunjungan di blog saya dan terima kasih juga sudah di link, begitu juga untuk blognya bapak sudah saya link di http://mochsabri.page.tl .
Saya sudah isi polling lho pak....blog bapak sangat bagus....banyak informasi2 yg menarik.