Sabtu, 21 Februari 2009

TALENT WORKSHOP OLEH HCI

Selama dua hari Kamis-Jumat 19-20 Februari 2009 aku mengikuti Talent Workshop yang menghadirkan pembicara Allan Schweyer dari Human Capital Institute, Direktur HCGA Telkom Bpk. Faisal Syam dan Direktur SDM Unilever Indonesia Bpk. Yoseph Batanoa. Kegiatan ini berlangsung di Intercontinental Mid Plaza Hotel jakarta.

Dalam workshop tersebut dibahas tentang talent retention, talent development dan berbagai hal lain menyangkut talent management. Dalam era kompetisi saat ini maka masalah "war of talent" menjadi isu yang cukup penting. Antar perusahaan cenderung membajak para talent dari kompetitornya karena lebih efesien dan sekaligus efektif.

Nah, bagi perusahaan juga akan lebih murah apabila mampu mempertahankan talent-nya daripada dibajak oleh perusahaan lain konsekuensinya perusahaan harus mencari bahkan mengembangkan talent dengan biaya dan usaha yang tidak sedikit. Jadi mempertahankan jauh lebih baik ........... tapi itulah talent mereka juga tidak mudah untuk dipertahankan.

Beberapa kiat tentang cara mempertahankan talent adalah sebagai berikut :

1. Berikan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi mereka dan berikan tantangan diatas rata-rata.
2. Talent adalah unik dan spesifik, jadi jangan lakukan pendekatan umum kepada mereka, tetapi perlakukanlah mereka sesuai dengan keunikan dan spesifikasi mereka.
3. Beri kebebasan mereka untuk berkreasi.
4. Berikan reward dan recognition yang cukup bernilai.
5. Mereka harus merasa bahkan kontribusinya diakui dan dimanfaatkan oleh perusahaan/organisasi.

Pada kesempatan berikutnya akan dibahas secara khusus tentang "TALENT RETENTION" atau barangkali ada masukan dari anda para pembaca?

Tidak ada komentar: