Minggu, 08 Februari 2009

SIX SIGMA

Six Sigma adalah salah satu tool manajemen untuk meningkatkan kualitas hasil kerja. Six Sigma awalnya dikembangkan oleh Motorola dalam rangka meningkat proses dan kualitas produk mereka.

Sebetulnya Six Sigma ini merupakan suatu istilah statistik yang merepresentasikan suatu distribusi dari enam standar deviasi di sekitar rata-rata. Sigma menunjukkan pada simbol Yunani yang digunakan untuk menunjukkan standar deviasi dari suatu distribusi normal. Namun, dalam perkembangannya Six Sigma lebih pada filsafat peningkatan, tidak sekedar persoalan statistik lagi.

Biasanya tool ini digunakan untuk meningkatkan kualitas produk, proses, jasa atau bisnis. Tujuannya adalah sebuah target kualitas dan rencana untuk mencapai sesuatu tanpa kesalahan secara efektif.

Metode Six Sigma setidaknya meliputi 7 langkah, yaitu :

1. Identifikasi produk.
2. Identifikasi pelanggan.
3. Buat kesepakatan dengan pelanggan tentang persyaratan kepuasan yang mereka harapkan.
4. Jelaskan prosesnya dan bagaimana melakukannya.
5. Tingkatkan kualitas proses sampai "Sig Sigma" tercapai.
6. Buktikan kesalahan proses/produk, pertimbangkan kembali desain dasarnya.
7. Perbaiki secara terus menerus .

Tidak ada komentar: