Rabu, 25 Februari 2009

REWARD & RECOGNITION


Penulis tertarik membahas masalah ini karena saat ini ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemberian Penghargaan untuk salah satu jenis penghargaan yang ada diperusahaan. Pemberian reward dan recognition merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan SDM. Pemberian reward/recognition atau penghargaan dan pengakuan ini merupakan wujud dihargainya eksistensi dan kontribusi karyawan didalam organisasi/perusahaan.

Menurut penulis prinsip utama dalam pemberian penghargaan adalah :

1. Adanya tujuan yang jelas terhadap pemberian sebuah penghargaan.
2. Adanya kesempatan semua karyawan untuk memperoleh hal tersebut, meskipun bentuknya berbeda-beda.
3. Pemberian penghargaan harus sejalan dengan kinerja organisasi/perusahaan.
4. Pemberian penghargaan dilakukan secara selektif dan dalam melakukan penilaian setidaknya mempertimbangkan 4 hal, yaitu : Kinerja yang bersangkutan, kinerja unitnya, kompetensi yang bersangkutan, dan yang penting mereka yang menerima penghargaan layak dijadikan role-model (suri tauladan).
5. Pemberian penghargaan mengandung unsur motivasi, memberikan tantangan dan berdampak positif terhadap lingkungan kerja.

Menurut Andrew Mayo dalam bukunya "The Human Value of the Enterprise" ada 4 pertanyaan mendasar dalam reward management, yaitu:

1. How should we determine an individual's base salary?
2. When and why should we increase it?
3. How would we want to utilize bonuses and incentives?
4. What would we want to recognize in an nonmonetary way, and how should we do it?

Pertanyaan tersebut diatas harus dijawab sebelum kita merancang secara komprehensif tentang reward management. Menurut Andre Mayo dalam "the value-creating organization" bahwa pemberian remunerasi terlebih-lebih lagi pemberian penghargaan harus merefleksikan pengakuan sekaligus menghargai "a person's human asset worth."

Tidak ada komentar: