Kamis, 12 Maret 2009

PRABOWO SUBIANTO : MEMBANGUN KEMBALI INDONESIA RAYA

Letnan Jenderal (Pur) Prabowo Subianto menerbitkan buku dengan judul "MEMBANGUN KEMBALI INDONESIA RAYA." Tradisi membuat buku merupakan sesuatu yang sangat positif untuk membangun budaya intelektual. Kekayaan sejarah akan semakin bertambah dengan semakin banyaknya tokoh yang menuangkan berbagai catatan hidup maupun pandangannya kedalam sebuah buku.

Mungkin saja dari berbagai buku yang terbit tersebut akan muncul berbagai versi tentang suatu peristiwa sejarah tertentu. Tak mengapa-lah. Setiap tokoh yang melakoni sebuah peristiwa sejarah tentu memiliki penghayatan dan pandangan tersendiri terhadap peristiwa tersebut. Kekuatan dalam penyajian data maupun fakta, ketajaman analisis serta kehandalan penggunaan logika akan memberikan sajian yang menarik bagi para pembaca.

Pembaca pun berhak untuk melihat semua peristiwa yang ada dari berbagai sudut pandang yang berasal dari berbagai tokoh. Kita percaya, sejarah-lah yang kemudian akan menilai sejauh mana kebenaran suatu fakta yang diungkapkan. Sejarah juga yang akan menilai sejauh mana analisis dapat dipercaya, dan sejarah juga yang akan menilai logika mana yang paling masuk di-akal.

Kita mengapresiasi upaya setiap tokoh untuk membuat buku dan menuliskan berbagai pengalaman maupun pandangannya. Ini adalah tradisi yang cukup cerdas yang perlu terus dibangun di alam kehidupan demokrasi. Selamat buat anda yang telah menulis buku.

Tidak ada komentar: