Jumat, 31 Juli 2009

DIFFICULT PEOPLE

Pernahkan anda berhubungan dengan orang-orang yang anda anggap sulit? Pengertian sulit disini bisa beraneka ragam, bisa karena orang tersebut cenderung memaksakan kehendak, bertindak semaunya, sulit untuk bersepakat sampai dengan tidak mengindahkan kesepakatan. Bisa juga karena orang tersebut tidak memperdulikan kepentingan orang lain, sulit ditebak atau bersikap tidak kooperatif alias tidak bisa bekerjasama.

Berikut ini akan disebutkan beberapa tipe orang sulit tersebut beserta deskripsi dan cara terbaik untuk menghadapinya.

TANK

Orang bertipe Tank biasanya butuh pengendalian yang ketat dan ia memiliki obsesi untuk menuntaskan segala pekerjaan. Dalam berhubungan dengan orang lain cenderung mengintimidasi, menekankan pada aturan yang kaku dan berusaha mendominasi. Cara menghadapinya jangan melakukan “counter-attack” terhadap sikapnya atau jangan pula mencoba memakluminya, tetap bersikap proporsional, fokus pada masalah dan menggunakan pendekatan yang realistis.

SNIPER

Tipe ini dari sisi kebutuhan dan obsesi mirip dengan tipe Tank, namun dalam bersikap biasanya lebih kasar, selalu mengkritik dan sering menghina atau mempermalukan orang lain. Cara menghadapinya ingatkan ia agar jangan bersikap kasar dan minta penjelasan kepada dirinya tentang latar belakang sikap kasarnya.

KNOW IT ALL

Dalam kebutuhan dan obsesi masih mirip dengan Tank dan Sniper, namun orang bertipe Know-it-All biasanya sering menguasai pembicaraan dan tidak pernah mau mendengarkan orang lain serta sering bersikap sok tahu. Akui saja dan hargai pengetahuannya tersebut. Buat pernyataan dari kita yang kelihatan sama seperti apa yang mereka setujui.

WHINER

Orang bertipe Whiner butuh akan kesempurnaan, berorientasi pada kualitas pekerjaan. Orang seperti ini biasanya senantiasa mengeluh. Hadapi mereka dengan fokus terhadap apa yang mereka keluhkan dan berikan solusi yang spesifik terhadap keluhan mereka.

NO PERSON

Tipe ini dari sisi kebutuhan dan orientasi mirip dengan Whiner. Hanya dalam tampilannya bukan mengeluh, tetapi selalu tidak setuju terhadap apa yang disampaikan oleh orang lain. Jangan menyerang balik dirinya atau beradu argumentasi (tidak ada gunanya). Kita akui dan hargai saja dengan mengatakan ia telah memberikan perhatian yang baik dan ucapkan terima kasih terhadap perhatiannya tersebut. Biasanya setelah itu orang bertipe seperti ini melunak.

NOTHING PERSON

Dari segi kebutuhan dan orientasi mirip dengan Whiner dan No Person. Namun, bedanya dalam bersikap, orang bertipe ini cenderung tidak melakukan apa pun. Hadapi mereka dengan penuh pengertian dan ajukan pertanyaan kepadanya yang bersifat terbuka.

YES PERSON

Orang bertipe seperti ini butuh untuk selalu disetujui, orientasinya adalah agar disukai oleh orang lain. Cenderung setuju terhadap apa pun namun akhirnya bingung sendiri. Hadapi mereka dengan keterbukaan dan katakan bahwa mereka pun boleh saja berbeda pendapat untuk meningkatkan kualitas kesepakatan.

MAYBE PERSON

Secara umum mirip dengan Yes Person. Namun orang seperti ini cenderung tidak memiliki komitmen terhadap suatu keputusan. Bantu ia untuk belajar sistem pengambilan keputusan dan kemudian dukung mereka untuk mengambil keputusan yang terbaik.

GRENADE

Orang seperti ini butuh perhatian dan ingin dihargai. Mereka cenderung meledak-ledak dan sering marah tidak menentu. Menghadapi mereka jangan menunjukkan amarah kita. Perhatikan keluhannya dan berikan kesempatan dirinya untuk menenangkan diri.

FRIENDLY SNIPER

Kebutuhan dan orientasinya mirip dengan tipe Grenade. Namun, dalam bersikap orang seperti ini cenderung menggunakan joke-joke tertentu untuk memojokkan orang lain. Berikan perhatian terhadap dirinya saat melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan.

THINK THEY KNOW IT ALL

Dari sisi kebutuhan orang ini mirip kedua tipe diatas. Hanya dalam bersikap cenderung membesar-besarkan, kadang suka berbohong, memberikan saran-saran yang berlebihan. Cara menghadapinya beri mereka perhatian dan tanyailah mereka secara spesifik dan jangan mempermalukan mereka.

Demikian beberapa tipe dari “Difficult People,” deskripsi dan cara menghadapinya, mudah-mudahan bermanfaat saat anda menghadapi orang-orang yang memiliki tipe-tipe tersebut diatas. (Sumber : Applied Industrial/Organizational Psychology ; Michael G. Aamodt)

Tidak ada komentar: