Sabtu, 09 Mei 2009

COOPERATIVE EDUCATION PROGRAM (COOP)

Seminggu kemarin aku ke kota Banjarmasin, Balikpapan dan Samarinda. Khususnya di Banjarmasin dan Samarinda aku mengunjungi dua kampus yaitu Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada tanggal 5 Mei 2009 dan Universitas Mulawarman Samarinda tanggal 7 Mei 2009. Kegiatan tersebut dalam rangka Cooperative Education Program yang biasa disingkat dengan Coop.

Coop adalah program belajar kerja terpadu yang melibatkan Perguruan Tinggi, Mahasiswa dan Dunia Usaha (Perusahaan). Program ini mulai digelar di Amerika pada sekitar tahun 1960-an. Di Indonesia sendiri program ini dimulai pada tahun 1997, dengan Telkom sebagai pionirnya.

Program Coop ini berbeda dengan magang atau praktek kerja. Program Coop biasanya diikuti oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh perkuliahannya dan tinggal menyusun skripsi atau tinggal menunggu sidang atau sedang menunggu waktu wisuda. Tenggang waktu menunggu tersebut dapat dimanfaat untuk bekerja di perusahaan. Perbedaan lainnya dengan magang dan praktek kerja adalah mahasiswa dalam program Coop memiliki hak dan kewajiban yang hampir sama dengan karyawan. Mereka digaji, memperoleh fasilitas kerja, memperoleh bantuan pelayanan kesehatan. Disamping untuk mereka memiliki kewajiban untuk bekerja secara penuh waktu dan memiliki target pekerjaan yang jelas.
Selain itu Coop juga merupakan program Early Identification bagi perusahaan untuk mengidentifikasi sejak dini paran peserta Coop yang potensial untuk dijaring dalam program rekrutasi karyawan. Biasanya mereka yang mengikuti Coop telah diseleksi sedemikian rupa oleh Perguruan Tinggi dan kemudian mereka dapat dievaluasi selama mengikuti Program Coop yang berlangsung antara 3 s/d 6 bulan.

Program ini juga bermanfaat bagi Perguruan Tinggi dan Mahasiswa. Bagi perguruan tinggi merupakan median untuk mengimplementasi konsep "Link and Match", dapat dijadikan umpan balik bagi kurikulum dan pengajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan mendukung program kemitraan dengan dunia usaha. Bagi mahasiswa jelas ini merupakan program belajar kerja yang terpadu sebagai suatu media untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari selama mengikuti kuliah, dapat mengenal dunia kerja, memanfaat waktu secara produktif sambil menunggu kelulusan dan yang jelas memperoleh penghasilan.

Sejauh ini dari pengalaman yang ada banyak mahasiswa yang mengikuti Program Coop kemudian ditawarkan untuk mengikuti program rekrutasi di perusahaan. Umumnya mereka dapat lulus seleksi dan dari evaluasi kemudian mereka mampu bekerja secara baik.

Tidak ada komentar: