Senin, 02 Juni 2008

KARAKTER ACEH

Pada suatu kesempatan aku pernah berbincang-bincang dengan Bpk. Mustafa Abubakar Kabulog/Dirut Bulog yang juga pernah menjabat sbg Pejabat Gubernur NAD. Kita berdiskusi panjang lebar tentang berbagai hal dan diantara yang menarik adalah tentang sifat-sifat orang Aceh. Kira-kira sebulan setelah itu, aku pun bertemu dan berdiskusi dengan Pak Azwar Abubakar yang juga pernah menjabat Wakil Gubernur dan Gubernur NAD dan sekarang aktif di Forbes Aceh. Mungkin mereka berdua tahu aku seorang psikolog sehingga mengajak berdiskusi masalah tersebut. Bahkan Pak Mustafa lebih jauh menawarkan kalau perlu buat suatu forum khusus membahas hal tersebut, apakah seminar, penelitian atau kegiatan lain yang sesuai, aku belum mengiyakannya.

Mengapa kita berdiskusi tentang sifat-sifat orang Aceh atau kusingkat saja karakter Aceh? Karena kita ingin kedepan Aceh lebih damai. Kalau kita tilik ke belakang, kilas balik Aceh masa lalu, harus kita akui kehidupan di Aceh tidak pernah sepi dari konflik. Apakah ini berkaitan dengan sifat-sifat orang Aceh? atau ada faktor lain? Beberapa kemungkinan terjadinya konflik Aceh bisa beberapa sebab (lihat buku karangan Anthony Reid tentang Asal Muasal Konflik Aceh). Beberapa sebab yang bisa kita pertimbangkan adalah :

1. Letak geografis Aceh yang sangat strategis, terletak diujung Pulau Sumatera, merupakan pintu masuk ke Selat Malaka dan gerbang masuk ke Asia Tenggara.

2. Rempah-rempah dan hasil bumi didaerah Aceh dan sekitarnya yang mengundang kekuatan kapitalis/kolonialis ingin menguasainya. Kemudian isu itu melebar akibat minyak dan gas bumi (ingat kawasan Timur Tengah yang kaya minyak juga tidak pernah sepi dari konflik).

3. Karakter orang Aceh yang dipengaruhi oleh sistem nilai yang mereka anut yaitu bersifat hanya mengakui kekuasan mutlak ditangan Allah jadi tidak mengakui kekuasan lain yang bersifat terpusat (berbeda dengan beberapa wilayah lain yang mengakui kekuasaan terpusat), independen, memegang teguh prinsip. Secara positif ini bagus. Namun, disisi lain bagi mereka yang kurang religius hal ini bisa berkembang menjadi sikap yang egois, ethnocentris bahkan chauvinism, bahkan kalau tidak hati-hati bisa berkembang menjadi sikap yang arogan. Jadi bagi mereka yang religius sikap ini bisa berkembang menjadi positif. Namun, apabila sikap ini dihadapi dengan cara yang tidak tepat maka yang religius pun akan menampilkan sikap keras yang berpotensi menimbulkan konflik (lihat bagaimana ulama kita melawan kolonialisme dan sikap kesewenang-wenangan pihak lain). Nah, apalagi bagi yang kurang religius tentu berpotensi menimbulkan konflik pula. Namun, secara umum diakui secara mendasar sifat orang Aceh adalah religius, meskipun terkadang ada pula sebagian pihak yang menyikapi sifat orang Aceh tersebut secara sinisme. Sifat-sifat ini terus berkembang baik dalam dimensi positif maupun negatif.

4. Kejayaan Aceh masa lalu selain menimbulkan kebanggaan juga menyisakan beban sejarah. Sebagian ingin melihat Aceh jaya seperti masa lalu, sebagian yang lain mengganggap kejayaan tersebut bisa diformulasikan dalam bentuk lain dalam konteks kekinian, sebagian lagi melihat jangan terlalu terpaku pada masa lalu tetapi lebih menyesuaikan terhadap perkembangan masa kini. Dalam menyikapi ketiga pandangan ini pun potensi konflik dapat muncul.

5. Adanya sekelompok pihak tertentu yang ingin terus memprovokasi Aceh dengan berbagai latar belakang kepenting baik politik, ekonomi maupun sosial.

Kelimapenyebab diatas memberika sumbangan bagi munculnya konflik di Aceh. Bagaimana positioning orang Aceh dalam permasalahan ini? Disinilah pentingnya mengkaji tentang Karakter Aceh. Seperti disebut diatas Karakter Aceh secara umum adalah religius dan sangat menghargai peran agama. Walalupun dalam perkembangannya bisa saja terjadi distorsi. Namun, sebagai bahan awal pengkajian kita bisa bertitik tolak dari hal ini. (bersambung).

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://psikologi.infogue.com
http://psikologi.infogue.com/karakter_aceh

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!