Minggu, 15 Juni 2008

SBY-SULTAN PASANGAN FAVORIT

Berdasarkan survey Lembaga Survey Nasional (LSN) SBY-Sultan adalah pasangan paling favorit untuk pemilihan Presiden tahun 2009. Ditengah berbagai permasalahn yang mendera selama pemerintahan SBY-Kalla, SBY masih memiliki banyak peminatnya. Hal ini terlihat dari berbagai survey yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey, SBY masih unggul. Pilihan ke SBY semakin meninggi saat beliau dipasangkan dengn Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Memang kita harus mengakui ditengah arus modernitas, pola pemilih kita cenderung bersifat tradisional, paternal dan fokus pada personal. SBY masih memiliki kekuatan personal yang baik, sedangkan Sultan memiliki basis pendukung tradisional, ditambah pribadi Sultan yang menampilkan wajah demokrat, seorang Raja yang pro rakyat memiliki nilai tambah yang luar biasa. Sultan juga dikenal cukup menghargai keberagaman etnis, memiliki hubungan baik dengan berbagai etnis. Hal ini memiliki kekuatan tersendiri bagi Sultan untuk meraup dukungan diluar pemilih tradisionalnya.

Sultan akan memainkan peran kunci. Siapa pun yang berpasangan dengan Sultan akan memperoleh dukungan suara yang cukup berarti untuk menuju kursi nomor 1. bagaimana dengan calon yang lain. Kans mereka juga sebenarnya cukup baik, namun faktor Sultan harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh.

1 komentar:

Kitink mengatakan...

Mudah2an hasil survey ini bisa menjadi kenyataan, karena aku sangat mengagumi sosok Sri Sultan yang sangat2 deket dengan rakyat.
Biar rakyat negara ini tidak tambah melarat .
Ya Tuhan dengarkanlah doa hamba mu ini.......
Amin.....