Sabtu, 12 Desember 2009

PERUSAHAAN IDAMAN

Apa yang terlintas dalam pikiran anda saat ingin memilih perusahaan tempat anda berkarir? Gaji yang besarkah? Lingkungan yang nyamankah? Tugas yang menantangkah? Atau reputasi perusahaan tersebut?

Dalam Majalah Warta Ekonomi edisi 24 tanggal 30 November-13 Desember 2009 dipaparkan hasil survey tentang Perusahaan Idaman. Survei ini dilakukan melalui wawancara telepon yang dilakukan pada tanggal 1-15 September 2009. Responden diambil secara acak dari perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang mayoritas berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jumlah respon 986 orang, laki-laki 52%, perempuan 48%, berusia 20-35 tahun, mayoritas S1 dan sebagian bekerja sebagai Staff maupun Manager. Sekitar 70% respoden mengatakan sudah pindah kerja 1-7 kali dan 30% belum pernah pindah kerja.

Dari survei tersebut diperoleh 15 Perusahaan Idaman Utama dengan peringkat sebagai berikut :

1. PT TELKOM
2. PT ASTRA INTERNATIONAL
3. PT PERTAMINA
4. PT BANK MANDIRI
5. PT BANK CENTRAL ASIA
6. PT GARUDA INDONESIA
7. PT UNILEVER INDONESIA
8. PT MEDCO ENERGI INTERNASIONAL
9. PT INDOSAT
10. PTADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE
11. PT BRI
12. PT FREEPORT INDONESIA
13. PT BAKRI & BROTHERS
14. PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR
15. PT BNI

Apa yang menjadi dasar pilihan responden sehingga memilih perusahaan-perusahaan tersebut di atas sebagai perusahaan idaman? Ternyata gaji atau paket remunerasi yang tinggi masih menjadi alasan utama. Selain itu kesempatan karir dan pelatihan sebagai bagian dari program Talent Management menjadi isu yang menarik di bidang Sumber Daya Manusia.

Mari kita lihat TELKOM yang menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan idaman di Indonesia. Responden menyebutkan alasan memilih TELKOM karena :

1. Standar gaji yang diberikan perusahaan ini lebih tinggi dibanding perusahaan lain.
2. Memberikan fasilitas gaji/tunjangan yang lebih baik kepada karyawannya.
3. Perusahaan terkenal
4. Perusahaan besar dan maju.
5. Perusahaan terbaik dibidangnya.
6. Perusahaan yang memiliki jenjang karir yang jelas.
7. Perusahaaan yang memiliki manajemen/organisasi yang bagus.
8. Sesuai dengan pendidikan.
9. Sesuai dengan bidangnya.

Alasan-alasan tersebut tampaknya mewakili semua jenis kebutuhan manusia sebagaimana yang disebut oleh Abraham A. Maslow, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, sosial, self-esteem hingga aktualisasi diri.

Penulis sendiri teringat pada saat lulus dari Perguruan Tinggi saat itu mencoba membandingkan berbagai kesempatan kerja yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan. Dari hasil diskusi dengan beberapa senior penulis setidaknya memiliki tiga pertimbangan dalam memilih perusahaan dimana penulis ingin berkarir, yaitu :

1. Perusahaan skala besar yang setidaknya coverage-nya bersifat nasional.
2. Perusahaan yang memiliki orientasi teknologi yang baik.
3. Perusahaan yang menghargai manajemen SDM, hal ini merupakan alasan khusus karena penulis berlatarbelakang pendidikan psikologi yang erat kaitannya dengan SDM.

Setiap orang tentu memiliki berbagai pertimbangan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Namun penulis teringat sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa kita harus memilih pekerjaan yang memang kita senangi/minati dan bekerja pada orang-orang/perusahaan yang memang kita respek terhadapnya untuk memotivasi kita bekerja secara optimal.

Bukankah pekerjaan yang baik tersebut adalah pekerjaan yang dapat memanusiakan kita dan mampu mengangkat martabat kemanusiaan kita.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda bekerja sesuai dengan idaman anda? Dan apa yang menjadi pertimbangan anda dalam memilih pekerjaan?

Tidak ada komentar: