Senin, 13 April 2009

SELAMAT BUAT PEMENANG

Pelaksanaan Pemilu Legislatif Tahun 2009 telah berlangsung pada tanggal 9 April 2009. Berdasarkan perhitungan Quick Count dari berbagai lembaga survey telah diketahui posisi lima besar partai pemenang Pemilu Legislatif. Sambil menunggu hasil final dari KPU kita ucapkan selamat bagi para partai pemenang, semoga amanat rakyat mampu ditunaikan secara baik nantinya.

Ditengah berbagai catatan kekurangan pelaksanaan Pemilu kali ini, kita perlu bersyukur secara umum pemilu berjalan lancar. Terdapat beberapa masukan terhadap pemilu kali ini yang perlu dicermati kembali agar pada saat Pemilu Pemilihan Presiden/Wakil Presiden nantinya dapat berjalan lebih baik. Sikap para pemenang sejauh ini cukup positif. Partai Demokrat misalnya menyebutkan apa yang dicapai saat ini dengan ucapan "mensyukuri" tanpa harus bertepuk tangan. Pimpinan Partai Golkar memberikan ucapan selamat bagi Demokrat. Demikian juga PDIP memberikan kritikan yang konstruktif, termasuk Pimpinan Gerindra dan Hanura memberikan masukan yang konstruktif pula. Kita layak mengapresiasinya disamping perlu dengan sungguh-sungguh menelusuri dan menindaklanjuti berbagai laporan yang disampaikan ke Bawaslu.

Hasil Quick Count berbagai lembaga survey dan hasil tabulasi KPU sejauh ini menunjukkan korelasi yang positif. Dengan demikian hampir dapat dipastikan komposisi raihan suara saat ini tidak akan jauh berbeda dengan hasil akhir nantinya. Berbagai sinyal koalisi telah mulai muncul. Partai demokrat melalui Ketua Dewan Pembina-nya SBY, mulai memunculkan wacana rules yang jelas dalam koalisi. Hal ini tampaknya berkaca pada pengalaman 2004 dimana koalisi sangat kabur dan tidak ada sesuatu yang dapat dijadikan pegangan. Kontrak koalisi merupakan kesepakatan yang harus dipatuhi dan sebagai konsekuensinya harus siap menanggung secara bersama-sama setiap kebijakan yang nantinya akan dikeluarkan.

Gambaran siapa yang akan menjadi Calon Presiden tampak semakin jelas, meskipun demikian untuk posisi Calon Wakil Presiden tampaknya masih terjadi proses tarik-menarik antara berbagai kekuatan politik. Tentunya harapan kita siapapun yang akan menjadi Capres dan Cawapres hendaknya komplementer dan sinerji, saling melengkapi, saling memperkuat dan bukan sebaliknya.

Ditengah berbagai catatan kekurangan penyelenggaraan Pemilu 2009, kita patut berbangga hati Pemilu dapat berjalan sesuai jadwal. Pemilu sebagai bagian penting dalam proses demokrasi telah mampu menghantarkan kita menjadi sebuah negara Demokrasi yang semakin kukuh. Kejadian diberbagai negara lainnya seperti Thailand, Malaysia, membuat kita harus mensyukuri bahwa bangsa ini adalah sebuah bangsa yang beradab dimana pohon demokrasi tumbuh secara bertahap dan semakin rimbun .

Selamat buat anda semua para peserta Pemilu yang telah memberikan andil positif bagi penyelenggaraan Pemilu kali ini. Dan acungan "two thumbs" buat seluruh Rakyat Indonesia karena anda semua-lah pemenang sejati yang sesungguhnya dalam Pemilu ini.


Tidak ada komentar: