Senin, 13 April 2009

KEPRIBADIAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY)

Kemenangan Partai Demokrat yang sampai dengan saat ini telah meraup suara lebih dari 20% dalam Pemilu Legislatif cukup spektakuler dibandingkan raihan suara pada Pemilu 2004. Faktor dominan yang menentukan kemenangan Partai Demokrat tersebut tidak terlepas dari figur SBY.

Apabila ditelisik lebih mendalam faktor figur SBY sangat ditentukan oleh kepribadian SBY sendiri. SBY seorang mantan militer yang berjiwa demokrat menunjukkan pesona pribadi yang mampu menarik hati rakyat.

Menurut penulis setidaknya ada 3 faktor kepribadian SBY yang membuat ia disenangi oleh sebagian besar rakyat dan pemilih, yaitu :

1. Sikap Santun
2. Rendah hati
3. Sikap hormat

Sikap santun sangat terlihat dari gaya komunikasi SBY. Dalam berkomunikasi SBY selalu berupaya bersikap interaktif. Ia terlihat berupaya mendengar apa yang disampaikan lawan bicaranya, tidak memotong pembicaraan orang lain. Dalam sikap interaktifnya ia tampak sangat menyimak pembicaraan orang lain, menyimpulkan, mengambil intisari kemudian mengomentari secara proporsional.

Ia pun rendah hati, bukan seorang megaloman yang hanya mengagungkan diri sendiri. Ia jauh dari sikap feodal. Ia berupaya secara lapang dada menerima kritikan orang, bahkan kritik yang sangat pedas dan kasar dihadapi SBY dengan tetap mengedepankan sikap rendah hati. Tidak terlihat sikap dendam pada diri SBY dalam menghadapi orang-orang yang pernah menyakitinya (ingat saat kasus dirinya difitnah oleh seseorang).

Perilaku menghormati orang lain terlihat pada diri beliau. Ia menghormati orang apakah karena senioritas, posisi, maupun mereka dari kalangan rakyat biasa yang sedang mengalami permasalahan. SBY berupaya menghormati siapapun yang dihadapinya.

Selain dari ketiga faktor diatas SBY tampak sebagai pribadi yang realistis, setia kawan dan pemaaf. Selain itu kemampuan intelegensi, manajemen dan pengorganisasian juga tampak cukup baik. Ini modal besar bagi seorang pemimpin untuk menjalan tugas-tugasnya. Kekuatan pribadi yang dimiliki oleh SBY ini tampaknya cukup mampu mengatasi kekurangan yang ada. Ia pun tampak semakin dicintai oleh rakyat dan memperoleh simpati dari berbagai kalangan.

Pemilihan Presiden masih beberapa bulan lagi, namun tampaknya peluang SBY cukup besar, tantangan SBY berikutnya adalah mencari Calon Wakil Presiden yang cukup pas disandingkan dengan dirinya, yang sinerjis dan komplementer dengan kemampuan dirinya.

1 komentar:

chrisya mengatakan...

i agree with you.