Minggu, 20 Juni 2010

RHENALD KASALI : MENGURAI POTENSI MENJADI PRESTASI

Tidak banyak penulis memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menjelaskan bagaimana sebuah potensi bisa menjadi prestasi. Manganalisa bagaimana seseorang bisa menjadi pribadi yang tangguh, yang tadinya bukan siapa-siapa kemudian menjadi tokoh idola dan panutan bagi banyak orang. Diantara penulis yang sedikit tersebut, Rhenald Kasali cukup layak untuk dicermati.

Rhenald Kasali adalah seorang pemikir manajemen, bisnis dan sekaligus pengamat dan pelaku pengembangan pribadi yang cukup mumpuni. Ia cukup mampu menganalisa dengan cara menarik tentang potensi diri seseorang, kemudian mengkajinya secara mendalam dan menjelaskan bagaimana potensi tersebut mampu membuahkan prestasi.

Ia bernama lengkap Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sebagaimana yang tertera dalam bukunya Myelin, ia telah menulis 18 buah buku yang berpengaruh bagi kalangan eksekutif an pemerintahan. Ia juga mendirikan sebuah rumah perubahan yang merupakan tempat untuk menyelenggarakan kegiatan social entrepreneur dalam bidang lingkungan, kesejahteraan masyarakat dan kemanusiaan. Disebutkan pula ia sebagai ahli strategi yang berpengalaman luas dalam berbagai perusahaan besar di Indonesia. Ia mempunyai program yang berkaitan dengan keunggulan daya saing bekerjasama dengan Harvard University. Ia juga adalah Ketua Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI) dan Ketua Technopreneur Club Indonesia yang bertugas membuka jendela bagi calon-calon entrepreneur yang terkait dengan teknologi. Dengan segudang pengalaman dan prestasinya ia memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Kreatif dalam Bidang Pendidikan (Yayasan Pengembangan Kreativitas), Alice & Charlote Biester Award dan Louise A Young Award.

Mengapa penulis menyebutkan dirinya sebagai tokoh yang mampu mengurai potensi menjadi prestasi? Hal ini sangat tampak dalam buku-buku yang ia tulis. Penulis setidaknya mengamati tiga buku yang pernah ia tulis, yaitu CHANGE, RE-CODE & MYELIN. Buku-buku tersebut menggambarkan bagaimana sesorang dapat mengubah potensi yang ia miliki menjadi perilaku yang nyata kemudian menjadi jalan dan modal untuk meraih prestasi.

Dalam buku Change modal utama seorang untuk berubah dan kemudian meraih prestasi adalah adanya keterbukaan dalam berpikir. Keterbukaan dalam berpikir membuat seseorang lebih mudah menerima perubahan dan perubahan inilah menjadi pintu kemajuan. Namun, hanya keterbukaan berpikir tidak cukup karena itu hanya sekedar ”pintu.” Setelah keterbukaan kita harus mampu bergerak dan menuntaskan misi yang ingin kita raih.

Dalam buku Re-Code disebutkan bahwa untuk meraih prestasi dperlukan kadar Change DNA yang tinggi. Change DNA berisi Openness to experience, Consciousness, Extroverts, Agreeableness dan Neuroticism yang disingkat dengan OCEAN. Untuk menghidupkan kadar Change DNA perlu melakukan reorientasi Ocean. Meraih kemajuan dan prestasi perlu dilakukan re-code terhadap dua unsur besar, yaitu re-code indvidu dan re-code organisasi. Dengan melakukan re-code secara berulang-ulang maka terbentuklah manusia yang unggul dan organisasi yang cerdas.

Dibalik keunggulan dan kecerdasan tersebut ada sebuah rahasia besar, yaitu Myelin. Myelin adalah muscle memory yang berpengaruh terhadap tindakan, membentuk budaya disiplin, membangun intraprneuring, tata nilai dan budaya kerja. Myelin merupakan rahasia dibalik perkembangan talenta manusia dan kesuksesan dunia usaha. Melalui Myelin seluruh kekuatan dihidupkan dan diptimalkan untuk menggerakkan perubahan dan meraih kemajuan yang dicita-citakan.

Jelas dalam berbagai uraian yang terdapat dalam buku-buku tersebut, menggambarkan kepiawaian Rhenal Kasali dalam mengurai bagaimana sebuah potensi dapat menjadi modal perilaku prestatif. Change DNA, OCEAN, Re-Code DNA dan MYELIN menjadi rahasia kesuksesan tokoh-tokoh besar dunia.

Tidak ada komentar: