Rabu, 06 Agustus 2008

SOBATKU ANDREA HIRATA SANG LASYKAR PELANGI


Aku menganggapnya sobat, dia sendiri memanggilku dengan sebuatan “BANG.” Mungkin anak Belitong ini menganggap aku dari Sumatera dan sering dijadikan tempat curhatnya sehingga merasa dekat, selain itu kenal dekat karena bekerja di perusahaan yang sama. Si Ikal Belitong peramu novel best seller “LASYKAR PELANGI’ adalah seorang pribadi yang unik, cerdas dengan kreativitas yang menggelegak.

Pada saat aku menanyakan apakah sering menyambangi blog-ku, ia berkomentar “bukan main abang-ku ini, sudah memiliki blog pula dan hendak menjadi sastrawan rupanya.” Bukan begitu Ikal, blog adalah mata hati, curahan gagasan dan media sharing opini bagiku. Ikal eh .. maksudku Andrea Hirata karena kecerdasan, kreativitas dan keunikannya membuat ia terkadang sulit dimengerti oleh lingkungannya, demikian pula reaksi Andrea ia sering mempertanyakan mengapa lingkungannya terutama di kantor kurang begitu memahami dirinya. Aku terkadang semampuku menjelaskan baik sebagai seorang sahabat, kakak maupun terkadang sebagai rekan di kantor. Tapi yang jelas Ikal sekarang sudah menjadi selebriti, bung Andrea Hirata sudah dikenal dimana-dimana, menjadi ikon keberhasilan sebuah tekad untuk terus belajar.

Dari sekolah SD yang berada nun jauh di Belitong, Andrea mampu menggapai kepaknya hingga ke Sobron Perancis dan juga sempat menempuh pendidikan di Inggris. Ia bercita-cita sejak kecil untuk bersekolah ke Sobron Perancis dan ia telah mampu meraihnya. Penghargaannya kepada Ibu Gurunya luar biasa, demikian pula kepeduliaanya terhadap pendidikan cukup besar. Sebagian besar royalti dari buku best seller “Lasykar Pelangi” disumbangkan untuk membangun dunia pendidikan di Belitong. Saat ini pembuatan film “Lasykar Pelangi” sedang berlangsung.

Oke selamat Ikal eh maksudnya Andrea Hirata …….. semoga terus sukses menggapai cita-cita …… tapi ngomong-ngomong kapan nih nikahnya? ……… semoga adinda membaca postingan dari abang-mu ini ……

3 komentar:

PIPI ELFINA mengatakan...

Zil, aku suka sekali pendapatmu tentang Andrea 'Ikal' Hirata ini. Walau aku tidak kenal dia secara pribadi, tapi aku penggemarnya. Aku suka gaya penuturannya dalam buku tetralogi-nya sudah 3 yg ku baca, dan yg paling asyik memang 'LaskarPelangi'. Dari buku2nya tsb aku juga bisa berpendapat bahwa Andrea memang seorang yg unik, kreatif dan pantang menyerah. Suruh dia cepet2 nikah Zil..atau dia nunggu sosok si "A Ling"? hehehehe..Smoga Andrea selalu sukses. Salam, Pipi

Zil mengatakan...

thx Pipi atas comment-nya. Sekarang Ikal sering di Belitong untuk menuntaskan pembuatan film Lasykar Pelangi. Ia anak muda yang luar biasa, tidak mudah bagi orang lain untuk memahami dirinya dan jalan hidupnya. Aku termasuk dekat dengan Andrea. Dia sering keruang kerjaku berdiskusi berbagai hal, terkadang telpon-an atau sms. Tapi kadang2 ia juga suka kesal dengan ku (mungkin ia melihatku sebagai wakil dari manajemen) yg suka menasehati dia.. nah kalo sdh begitu ia biasa berkata "bagaimana abangku ini sudah ikut2an yg lain pulak ........ abang harus mengerti tentang diriku ......" oke Ikal aku memang harus memahami dirimu & belajar banyak tentang dirimu. Banyak hal yg mgk tdk bisa aku ungkapkan tentang Ikal krn sangat personal .... tapi oke pesan Pipi akan aku sampaikan kepada Adinda-ku "Ikal" Andrea Hirata.

PIPI ELFINA mengatakan...

Iya ya Zil, baru tadi malem aku liat lagi di bukunya bahwa Andrea kan pegawai Telkom Bandung. Btw, kapan katanya film Laskar Pelangi siap? Aku ga sabaran mo nonton sambil bawa anak2, ku pikir film-nya pasti lebih seru dan akan semakin menarik terutama buat pembelajaran bagi generasi muda kita (anak2 kita), bahwa dalam keterbatasan (secara ekonomi) selalu ada kemudahan jika ada tekad & usaha utk merubah hidup...ya itu seperti yg dilakukan si 'Ikal' Andrea. Thax Zil, buat preview-nya ttg Andrea. Kapan2 tulis lagi ya ttg-nya. Oiya, jangan lupa kasi tau dia buat website/blog biar para fans-nya gampang mengakses info ttg-nya.

thx,
Pie