Jumat, 08 Agustus 2008

SPIRITUAL CAPITAL


Apa modal diri anda yang sangat bermakna dalam mengarungi kerumitan hidup ini? Tentu banyak jawaban yang bisa anda sampaikan dengan berbagai alasan yang logis. Dalam tulisan saya sebelumnya tentang “Knowledge-based Economy” akumulasi kekayaan orang dalam abad teknologi informasi dewasa ini sangat tergantung pada penguasaannya terhadap “knowledge.” Nah, pertanyaan berikutnya tentang “beyond of the wealth,” lebih dari sekedar memupuk kekayaan, yaitu menghadapi “hidup” apa yang dapat anda andalkan? Cukupkah sekedar kekayaan? Cukupkah sekedar pengetahuan untuk menghadapi problematika kehidupan ini?

Para ahli sekarang berpaling pada spiritualitas. Spiritual dalam bahasa Latin memiliki akar kata spirit, yangberarti sesuatu yang membrikankehidupan atau vitalitas pada sebuah sistem. Spiritualitas menurut Dana Zohar & Ian Marshall penulis best-seller SQ, adalah suatu peningkatan kualitas kehidupan di dunia, yaitu suatu kebutuhan kita untuk menempatkan upaya kita dalam suatu kerangka makna dan tujuan yang lebih luas, menciptakan perubahan dunia kearah yang lebih baik. Unsur-unsur penting spiritualitas disini adalah :

1. Memahami adanya kekuatanYang Maha Agung sebagai pengendali kehidupan.
2. Adanya tujuan & strategi yang lebih luas.
3. Mawas diri.
4. Dibimbing oleh visi dan nilai manusiawi yang luhur.
5. Adanya kesadaran holisme yang tinggi.
6. Peduli dan adanya rasa kebersamaan.
7. Menghargai keberagaman.
8. Independen dalam keyakinan yang agung.
9. Fleksibel, toleran & proaktif.
10. Memiliki respon yang positif.
11. Rendah hati.
12. Memiliki jiwa pengabdian dan melayani.

Hal-hal tersebut dapatlah dikatakan sebagai inti spiritualitas. Dalam hal ini, kesemua unsur tersebut dapat dijadikan modal-capital anda dalam menghadapi problematika kehidupan. Peter Senge – Direktur Center for Organizational Learning, MIT, USA – mengatakan bahwa Spiritual Capital menunjukkan bagaimana kita bisa membentangkan jalan untuk bekerja dan hidup berdasarkan penumbuhan kecerdasan spiritual (SQ) dan pengembangan modal spiritual (SC).

Jadi berpalinglah anda kejalan spiritual untuk mengarungi kompleksitas kehidupan ini dan keluarlah sebagai pemenang kehidupan.

Tidak ada komentar: