Minggu, 24 Agustus 2008

MUSWIL HIMPSI JABAR

Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Jawa Barat melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) pada tangggal 23 Agustus 2008 di Hotel Jayakarta Bandung. Aku sebagai Ketua Himpsi Jabar Periode 2005-2008 menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dihadapan seluruh anggota Psikologi di Jabar.

Sebelum acara resmi Muswil dilangsungkan diskusi panel tentang "Pemanfaatan Psikologi & Antisipasi 2010" dengan Pembicara Prof. Dr. Soetardjo AW, Prof. Dr. Yuke RS dan Dr. Untung Kahar, dalam sesi diskusi panel ini aku bertindak selaku moderator. Inti pembahasan menyangkut optimalisasi peran Himpsi dalam mendorong eksistensi profesi psikologi ditengah masyarakat. Kemudian antisipasi 2010 dengan hadirnya ASPAC. Diperkirakan pada 2010 nanti akan banyak psikolog mancanegara masuk ke Indonesia, bagaimana kesiapan Himpsi mengantisipasinya. Selain itu pada 2010 para produser alat tes psikologi akan mulai memperketat masalah ijin, hak cipta dan royalti dari penggunaan tes psikologi, siapkah psikolog Indonesia menghadapinya? dan bagaimana peran Himpsi?

Setelah diskusi panel dilanjutkan dengan Sidang Muswil dengan agenda pertama mendengar dan menilai Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Himpsi jabar periode 2005-2008, aku sebagai Ketua Himpsi Jabar menyampaikan laporan pertanggungjawaban tersebut, dan alhamdulillah diterima secara aklamasi. Setelah itu pemilihan Ketua Himpsi Jabar yang baru, aku dicalonkan kembali dan diminta untuk bersedia menjadi Ketua Himpsi Jabar lagi, namun aku menyatakan tidak bersedia. Kemudian terpilih Bang Rully Syahrul sebagai Ketua baru periode 2008-2011 didampingi oleh Kang Yus Nugraha sebagai Wakil Ketua. Lepas lah salah satu beban dan tanggung jawabku selama ini, aku rasa aku sudah cukup banyak mengabdi ke profesi psikologi, giliran yang lain untuk mengambil tanggung jawab itu.
Sebagian teman-teman mulai mempersiapkan diriku untuk menjadi Ketua Himpsi Pusat pada 2010, aku belum bisa memberikan komentar apa-apa, yah tunggu 2010 aja.

Tidak ada komentar: