Selasa, 24 November 2009

MOTIVASI, KETABAHAN DAN KETEGUHAN

Pada hari Minggu tanggal 22 November 2009 penulis membaca sebuah artikel disuatu Harian Nasional yang menyebutkan pentingnya Motivasi Hidup. Penulis sepakat dengan hal ini, namun menurut penulis belumlah lengkap. Dalam menghadapi kehidupan dengan segala tantangannya selain motivasi diperlukan pula ketabahan dan keteguhan.

Motivasi berakar pada kata “movere” yang berasal dari Bahasa Latin mengandung arti bergerak. Ada enerji disini yang menggerakan dan mendorong seseorang untuk mencapai sesuatu. Motivasi akan dapat mengarahkan dan mengendalikan perilaku. Sehingga motivasi merupakan suatu unsur penting bagi seseorang untuk menjalani kehidupan. Namun, sekalipun penting, motivasi saja belumlah cukup untuk menjalani kehidupan dan meraih kesuksesan hidup. Ketabahan dan keteguhan harus dimiliki seseorang agar dapat meraih apa yang diinginkan.

Tentang ketabahan penulis teringat dengan motto dari Korps Kapal Selam TNI-AL yaitu :
“Tabah Sampai Dengan Akhir.” Motto ini memberikan sikap filosofis yang mendasar bahwa kita harus menyiapkan seluruh jiwa raga untuk bertahan sampai dengan batas akhir. Tabah memiliki makna dinamis bahwa seseorang harus tetap bertahan dengan apa yang dicita-citakan dan terus berjuang sampai dengan batas akhir.

Tentang keteguhan penulis sendiri memiliki motto, yaitu : “Teguh Sampai Dengan Tujuan Tercapai.” Siapa pun manusia hidup harus memiliki tujuan dalam kehidupannya. Tujuan “ultimate”-nya adalah mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan tersebut bisa dipecah kedalam tujuan jangka panjang, menengah maupun pendek. Untuk itu kita harus bersikap konsisten dengan apa yang ingin dicapai dengan sikap pantang menyerah dan bertekad untuk meraih apa yang dicita-citakan.

Jadi jelas bahwa motivasi harus dilengkapi dengan ketabahan dan keteguhan agar kita berhasil menjalani kehidupan dan mampu meraih apa yang menjadi tujuan hidup kita. Dalam motivasi, ketabahan dan keteguhan secara implisit meliputi pula tekad, sikap pantang menyerah, dan selalu memiliki spirit perjuangan untuk meraih apa yang dicita-citakan.

Hal penting pula diketahui bahwa dalam ketiga unsur tadi mengandung adanya sikap sabar dan bersyukur. Sabar dalam menghadapi kegagalan maupun kesuksesan dan syukur terhadap apa yang dimiliki dan apa yang sudah diraih. Sikap sabar dan syukur ini sekaligus menjadi basis yang penting untuk membangun motivasi, ketabahan dan keteguhan.

Jika kita perhatikan tokoh-tokoh dunia dan orang-orang suci seperti para Nabi, memiliki ketiga unsur tersebut. Mereka mencapai status kemanusiaan yang tinggi karena memiliki motivasi, ketabahan dan keteguhan.

Lihatlah para Nabi dan Rasul bagaimana mereka menghadapi tantangan yang luar biasa dari kaummnya dalam menegakan kebenaran. Mereka berjuang sampai dengan harus mengorbankan jiwa dan raganya, namun kita pun menyaksikan ajaran-ajaran mereka bertahan sampai dengan ratusan bahkan ribuan tahun. Ini tidak mungkin dicapai tanpa adanya motivasi, ketabahan dan keteguhan.

Demikian pula para tokoh besar lainnya seperti Mandela, Muhammad Yunus, Bunda Theresa, Mahatma Gandhi, Martin Luther King dan cukup banyak lainnya sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang memiliki motivasi, ketabahan dan keteguhan.

Mereka menjadi “role model” yang baik untuk kita agar kita pun mencontoh perilakunya agar dapat sukses menjalani kehidupan. Barangkali masalah yang kita hadapi jauh lebih ringan dari apa yang pernah mereka alami. Situasi yang kita hadapi mungkin jauh lebih sederhana dari apa yang pernah mereka hadapi. Namun, kualitas pribadi mereka yang dapat kita jadikan contoh untuk sukses mengarungi gelombang kehidupan ini. Kualitas pribadi mereka yang penting adalah memiliki motivasi, tabah dan teguh. Ketiga hal ini dilandasi pada sikap sabar dan syukur. Jadi sesungguhnya anda pun bisa sukses.

Siapa bilang anda tidak bisa ?
Ayo bangun, bergerak, lindas semua rintangan, hadapi semua tantangan,dan raihlah kesuksesan hidup anda.

Tidak ada komentar: