Selasa, 10 November 2009

BERAPA SAYA HARUS DIBAYAR?

Pada hari Sabtu 7 November 2009 Penulis memberikan presentasi dihadapan para Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Hadir lebih kurang 300 mahasiswa yang sebagian besar memasuki tingkat akhir dan segera menyelesaikan studinya sehingga harus mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Penulis memberikan materi berkaitan dengan Job Interview yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi interview. Hal ini diawali dengan menjelaskan apa itu interview. Interview sesungguhnya adalah proses komunikasi, merupakan bagian yang penting dalam seleksi. Interview juga merupakan suatu sesi pertemuan formal antara calon karyawan dengan pewawancara yang mewakili perusahaan atau organisasi kerja. Jadi dapat disebut bahwa interview merupakan suatu proses seleksi dengan meggunakan metoda komunikasi untuk menentukan apakah seorang calon sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Tujuan dari Job Interview adalah untuk mengetahui kepribadian seorang calon, memperoleh informasi tambahan yang mungkin tidak tercantum dalam riwayat hidup, untuk mengamati bagaiman keterampilan dan kemampuan yang bersangkutan sekaligus merupakan konfirmasi terhadap hasil tes lainnya seperti psikotes. Tujuan utamanya adalah untuk melihat kesesuaian antara kualifikasi pelamar dengan tuntuntan fungsi tugas yang dipersyaratkan. Secara ringkas dapat dikatakan tujuan interview untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi jabatan, fungsi jabatan, visi-misi-tujuan organisasi.

Dalam interview umumnya akan dilihat bagaimana tampilan umum seseorang, wawasan dan kemampuan intelektual, sikap kerja dan kepribadiannya secara utuh. Interview ini juga dapat dikatakan sebagai sesi pamungkas dalam suatu proses seleksi. Dan umumnya sebagai besar peserta seleksi sering sekali gagal dalam interview. Dalam presentasi ini penulis menyampaikan beberapa tips untuk menghadapi interview.

Beberapa tips yang penulis sampaikan adalah sebagai berikut :

1. Cari informasi yang lengkap tentang perusahaan tersebut.
2. Pelajari tentang deskripsi tugas atau posisi yang ditawarkan.
3. Pelajari cara menjawab yang benar.
4. Buat catatan tentang pengalaman dan kemampuan anda.
5. Berpakailan secara rapi, sopan dan pantas.
6. Tunjukan minat dan antusiasme.
7. Tampillah secara alami dan atasi ketegangan atau rasa cemas.
8. Bersikap aktif namun proporsional.

Setelah presentasi dan simulasi dilakukan tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan mahasiswa. Salah satu pertanyaan yang paling menarik adalah ”jika kita ditanya berapa gaji yang diinginkan, bagaimana harus menjawabnya?”

Saya kira pertanyaan tersebut cukup cerdas dan umum muncul dalam suatu interview. Jawaban terhadap pertanyaan akan sangat menentukan bagaimana gambaran calon dan sekaligus menjadi penilaian yang penting bagi pewawancara tentang calon tersebut. Pertanyaan ini juga jika dijawab secara tidak hati-hati akan dapat merugikan posisi calon. Jadi bagaimana kita harus menjawabnya?

Penulis memberikan saran sebagai berikut :

1. Pelajari sebelumnya tentang rentang gaji yang diterima untuk posisi yang ditawarkan dikaitkan dengan kompetensi dan pengalaman seseorang.

2. Cari informasi tentang berapa umumnya gaji yang diberikan diposisi tersebut sesuai dengan aturan perusahaan yang akan dimasuki (bisa dengan mencari tahu dari perusahaan sejenis, bertanya sebelumnya kepada karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut atau jika memungkinkan minta masukan dari konsultan tenaga kerja).

3. Berdasarkan kedua informasi diatas anda bisa menyebutkan angka yang moderat (angka rata-rata) dari rentang gaji yang sesuai.

4. Jika kedua informasi diatas tidak anda miliki namun anda sangat berminat bekerja diperusahaan tersebut, anda sampaikan saja bahwa anda akan mengikuti kebijakan perusahaan dan sebutkan anda yakin bahwa perusahaan akan memberikan gaji yang pantas sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

5. Jika anda seorang freshgraduate dapat ditambahkan bahwa fokus anda yang utama adalah mencari pengalaman dan mencari kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu anda sebaik-baiknya, mengenai gaji diserahkan kepada mekanisme dan peraturan perusahaan dan sebutkan bahwa anda yakin perusahaan akan mampu menghargai anda secara baik.

Tidak ada komentar: