Sabtu, 01 November 2008

OBAMA & MC CAIN


Rakyat Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2008 akan melakukan pemilihan presiden dengan calon Barrack Obama dan John Mc Cain. Sesuai kebiasaan di AS pemilu presiden AS selalu dilakukan pada hari Selasa setelah Senin pertama pada bulan November. Alasannya dimasa lampau para petani di AS memiliki waktu senggang yang lebih banyak pada bulan November. Ketentuan ini ditetapkan pertama kali pada tahun 1845.

Siapa pilihan anda? Mc Cain? Atau Obama-kah? Mc Cain sang veteran perang Vietnam adalah seorang mantan penerbang tempur yang pernah merasakan “neraka” Hanoi Hilton yang merupakan kamp yang dibuat oleh Vietcong untuk menawan serdadu AS. Ini merupakan sebuah kamp penyiksaan dan Mc Cain mampu melewati masa gelap di kamp yang sering disebut Hanoi Hilton tersebut dengan selamat. Mc Cain juga sealiran dengan Bush yang mengidolakan patriotisme Amerika. Dapat dipastikan dengan terpilihanya Mc Cain program perang Bush di Irak, Afghanistan akan terus berlanjut, bahkan bisa-bisa akan bertambah lagi negara sasaran perang Amerika.

Bagaimana dengan Obama? Ia adalah tokoh flamboyan yang dibesarkan dengan suasana multikultural. Berasal dari seorang ayah kulit hitam asal Kenya dan ibu kulit putih. Memiliki ayah tiri dari Indonesia, pernah tinggal dan bersekolan SD di Jakarta. Ia memiliki saudara tiri dari Indonesia. Obama seorang penganut Leftist, yaitu orang yang memiliki aliran politik ekstrim kiri. Obama memiliki motto “spread the wealth around.” Pertemuannya dengan seorang tukang leding bernama Joe Wurzelbacher menegaskan hal tersebut. Si Joe yang memiliki julukan “Joe the Plumber” merasa kaget karena kalau pendapatannya meningkat maka pajaknya pun akan jauh meningkat secara progresif . Obama menjelaskan bahwa paket pajak yang akan diterapkannya bukan untuk menghukum kesuksesan si tukang leding, tetapi akan digunakan untuk men-sejahterakan orang lain juga. Obama memiliki kepedulian terhadap orang kecil dan ia mengajak orang kaya lainnya untuk juga turut memikirkan peningkatan kesejahteraan bagi orang kecil.

Jadi siapakah pilihan anda? Seorang sosial-demokrat seperti Obama? Atau sang patriot Mc Cain. Tampaknya deskripsi pilihan ini akan mewarnai pemilihan presiden Indonesia tahun 2009, yaitu pertarungan antara calon presiden yang berideologi sosial-demokrat dan patriot-nasionalisme. Siapakah pemenangnya? Waktulah yang akan menjawabnya.

Tidak ada komentar: