Minggu, 02 November 2008

FILM LASKAR PELANGI


Sudahkah anda menonton Film Laskar Pelangi ? Film luar biasa yang mampu menggugah semangat juang untuk belajar dan menempatkan pendidikan sebagai suatu bidang yang sangat mulia. Film ini sungguh memotivasi. Pada saat aku menonton film ini bersama 17 orang anggota keluarga-ku di salah satu bioskop di Paris Van Java Bandung aku sempat mengontak sang inspiratornya yang kebetulan sahabatku yaitu Andrea Hirata pengarang buku best seller Laskar Pelangi, ia dalam cerita tersebut dipanggil "Ikal." Aku mengatakan padanya bahwa aku sedang menonton film tersebut dengan membawa 17 orang anggota keluarga, ia tertawa senang. Ia pun merespon bahwa ia dijadwalkan akan menonton Laskar Pelangi bersama Presiden dan beberapa Menteri. Luar biasa sebuah Film mampu mendorong Presiden untuk nonton bersama Menterinya. Andrea Hirata si "Ikal" meminta diriku untuk menghubungi kantor tempat ku bekerja agar dapat menjadi sponsor untuk memberikan tiket gratis bagi sejumlah panti asuhan untuk menonton Film Laskar Pelangi. Memang perhatian Ikal untuk orang-orang "kecil" cukup besar.

Yang jelas Film Laskar pelangi memberi pesan yang cukup kuat untuk kita bahwa :
1. Pendidikan adalah bidang yang cukup penting untuk membangun budi-pekerti (yang sekarang sudah banyak dilupakan orang).
2. Guru adalah profesi yang sangat mulia yang tidak bisa diukur dari kelimpahan materi, namun kita semua wajib memikirkan kesejahteraan guru.
3. Fasilitas sekolah hanyalah penunjang tetapi yang terpenting adalah peran Guru yang mampu menumbuhkan spirit untuk mencapai prestasi.
4. Keterbatasan tidak boleh menghalangi terselenggaranya pendidikan.
5. Bersikaplah untuk banyak memberi bukan banyak menerima (seperti yang disampaikan kepala sekolah Pak Harfan.

Tidak ada komentar: