Kamis, 06 Mei 2010

OUTBOND & OFFROAD




Pada minggu lalu selama dua hari penulis sempat mengikuti kegiatan Outbond dan Offroad dikawasan Pacet Cipanas. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerjasama, kemampuan menghadapi tantangan, membangun kepercayaan diri, motivasi dan tangguh dalam mencapai tujuan.


Kegiatan dirancang cukup menarik dengan memadukan keyakinan spiritual dan penggunaan akal sehat dalam menghadapi berbagai hal. Selain itu didorong untuk mengeksplorasi kemampuan diri, mencoba mengaktualisasikannya serta mengkaitkannya dengan tujuan hidup jangka menengah maupun panjang.

Peserta diminta merumuskan apa yang menjadi tujuan hidupnya dalam karir, keluarga, kesehatan, networking dan spiritual. Setidaknya kelima tujuan hidup tersebut merupakan aspek yang cukup penting dalam menjalani hidup menuju kebahagian baik di dunia maupun di akhirat.

Beberapa materi yang diberikan adalah berkaitan dengan psikologi, komunikasi dan pengembangan diri. Kemudian diberi simulasi seperti menginjak beling dengan keyakinan dan tanpa terluka, simulasi negosiasi dan transaksi, kegiatan lapangan seperti membangun tiang bendera bersama kelompok. Selanjutnya dilakukan kegiatan offroad dengan medan menantang dan peserta ditugas mencari bendera yang tersembunyi.


Kegiatan tersebut dilakukan secara padat namun dalam suasana bermain. Meskipun cukup menguras energi mental dan fisik kegiatan cukup menyenangkan sekaligus juga serius karena bagi yang tidak mentaati aturan yang ada akan diberikan hukuman baik berupa fisik maupun denda uang sehingga mendorong peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan karena kalau terkena hukuman bisa-bisa badan gempor dan uang habis terkuras.

Tidak ada komentar: