Jumat, 02 April 2010

THE PSYCHOLOGY OF SUCCESS

Sukses adalah satu kata yang sangat diminati oleh banyak orang. Semua orang pada dasarnya ingin sukses. Sukses sering diartikan sebagai tercapainya tujuan seseorang dan diakui oleh lingkungannya terhadap keberhasilannya tersebut. Namun, idealnya adalah tercapainya sebagian besar tujuan hidup seseorang. Hampir sangat jarang orang menggapai seluruh tujuan hidupnya.

Idealnya sukses meliputi keberhasilan dalam kehidupan keluarga, sosial dan karir. Basis untuk mencapai hal tersebut seseorang harus memiliki kesehatan yang baik, kemampuan atau kompetensi yang mendukung dan relasi sosial yang memungkinkan ia mencapai cita-citanya. Untuk meraih apa yang dicita-citakan seseorang harus memiliki modal personal dan modal sosial yang cukup, termasuk memiliki akses terhadap jalan menuju keberhasilannya.

Seorang psikolog dari Inggris Judith Leary Joyce mencoba merumuskan bagaimana seseorang bisa mencapai kesuksesan. Ia menjelaskan hal tersebut dalam buku yang berjudul The Psychology of Succes. Judith adalah seorang Gestal psychotherapist dan Managing Director sebuah lembaga pelatihan di London.

Menurut Judith berhasil bukanlah memperoleh apa yang kita impikan tentang pekerjaan atau sesuatu yang dianggap ideal. Keberhasilan adalah manakala kita mampu mengatasi tantangan, bukan hanya sekali, namun berbagai tantangan dari waktu ke waktu. Hal ini sangat terkait bagaimana kita mampu mengoptimalkan talenta yang kita miliki dan memanfaatkan setiap momentum yang ada untuk melakukan hal terbaik yang dapat kita lakukan.

Secara sederhana Judith menantang kita dengan tiga pertanyaan :

1. Apakah anda siap untuk meraih hal-hal yang melebihi impian anda?
2. Apakah anda mampu menemukan bakat/talenta anda yang sesungguhnya?
3. Apakah anda bersedia untuk mendorong diri anda untuk mencapai hal-hal melampaui apa yang dapat anda pikirkan?

Jawaban terhadap ketiga pertanyaan tersebut sangat menentukan bagaimana kita mendefinisikan sukses dan bagaimana kita mampuu meraih kesuksesan itu sendiri.

Ada lima fondasi untuk membangun kesuksesan, sebagai berikut :

1. Kenali diri sendiri
2. Kendalikan diri
3. Arahkan diri untuk mencapai keseimbangan hidup
4. Temukan bakat inti
5. Temukan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anda

Setelah fondasi tersebut dimiliki, maka diperlukan sejumlah perilaku yang harus dimiliki pula agar seseorang mampu meraih kesuksesan. Ada tujuh perilaku yang mampu mengarahkan seseorang untuk meraih kesuksesan, yaitu :

1. Kesediaan untuk mengambil tanggung jawab
2. Kemampuan membangun relasi
3. Terbuka terhadap perubahan
4. Senantiasa mencari peluang
5. Memiliki semangat untuk maju
6. Senantiasa mawas diri dan melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan
7. Tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai

Kesuksesan pada dasarnya dibangun bertahap. Kesuksesan bukan seperti orang yang memenangkan lotere, tetapi ia adalah usaha yang sungguh-sungguh, direncanakan dan dilakukan melalui proses yang matang.

Bayangkan sebuah tujuan yang ingin dicapai laksana sebuah jalan panjang untuk mencapai suatu tempat tertentu. Anda bisa jalan secara bertahap atau melangkah secara cepat, bahkan berlari, namun semua jalan tersebut harus anda tapaki. Terus maju secara bertahap, jika anda tetap fokus maka suatu saat anda akan mencapai tujuan tersebut. Mungkin dalam berjalan anda akan menemukan rintangan, anda bisa berputar menghindari rintangan, atau mendaki mengatasi rintangan atau berbelok sedikit, namun setelah itu kembali lagi ke arah jalan yang benar dengan tetap fokus pada tujuan yang ingin anda capai.

Seperti kata Judith, kesuksesan adalah kemampuan untuk mengatasi sekian rintangan dari waktu ke waktu namun tetap berada pada arah jalan yang benar. Bergeser sedikit dimungkinkan, namun jangan sampai anda kehilangan arah. Tetap konsisten dengan tujuan yang ingin diraih. Dengan keteguhan dan semangat untuk tetap maju, anda akan mencapai apa yang anda cita-citakan.

Tidak ada komentar: