Jumat, 31 Desember 2010

EVALUASI DIRI & MENYAMBUT KEHIDUPAN BARU

Tidak terasa tinggal satu hari lagi kita menikmati tahun 2010, dalam hitungan beberapa jam kedepan kita akan memasuki tahun 2011. Apa yang kita lakukan, alami dan lewati, apakah itu sebuah kegagalan atau kesuksesan atau bahkan tidak berbuat apa-apa telah menjadi bagian kehidupan yang mengisi sejarah hidup kita.

Berpikir tentang masa lalu sesungguhnya juga merupakan bagian yang penting untuk merancang masa depan. Uniknya, masa lalu tidak dapat diputar kembali seperti kaset atau CD. Waktu terus berjalan kedepan, entahlah jika suatu saat ditemukan time tunnel machine kita mungkin akan dapat bergerak ke masa lalu.

Hal terpenting dalam membicarakan waktu adalah pengalaman kita mengisi ruang-ruang diantaranya. Pengalaman tersebut bisa berupa kontribusi, aktivitas positif atau negatif, peran apresiatif atau destruktif bahkan bisa pula kita seorang yang a nothing person. Begitu waktu itu terlewati maka seluruh hal tadi menjadi catatan hidup yang tidak mungkin terhapus begitu saja, ia akan mewarnai, mempengaruhi dan memandu jalan kehidupan kita berikutnya.

John Henry Newman seorang theologist mengatakan "to live is to change, and to be perfect is to have changed often." Hidup yang baik itu memerlukan perubahan dan untuk semakin sempurna maka kita pun harus sering berubah. Pertanyaannya sejauh mana kita telah melakukan perubahan di tahun 2010? dan perubahan apa yang akan kita lakukan pada tahun 2011?

Johann Wolfgang von Goethe seorang pengarang Jerman menegaskan dengan mengatakan "we must always change, renew, rejuvenate ourselves; otherwise we harden." Wolfgang menegaskan kita harus berubah memperbaharui diri terus menerus jika tidak maka kita akan beku dan mati. Perubahan dan pembaharuan adalah kata kunci disini. Kemajuan hanya didapat melalui perubahan dan pembaharuan.

Dalam melakukan evaluasi diri maka ketiga hal tersebut menjadi kunci penilaian diri kita di tahun 2010. Yaitu apa yang berubah dalam diri kita, apa yang sudah kita perbaharui dan kemajuan apa yang sudah kita peroleh. Demikian pula untuk menyambut kehidupan baru di tahun 2011 apa yang kita ubah, apa yang ingin kita perbaharui dan kemajuan apa yang ingin kita capai.

Seorang pemuda yang baru menyelesaikan pendidikan tingginya melihat pada tahun 2010 ia telah berubah dari seorang mahasiswa menjadi sarjana, kompetensinya telah diperbaharui dan ia pun mengalami kemajuan dengan menguasai suatu disiplin ilmu tertentu. Kemudian ia merencanakan pada tahun 2011 untuk berubah menjadi sosok yang lebih mandiri, ia ingin menambah suatu kompetensi dengan mengikuti pelatihan tertentu dan ia ingin mendapat kemajuan dengan menjadi karyawan di salah satu perusaahaan terkemuka. Secara sederhana pemuda ini telah melakukan evaluasi diri dan merencanakan kehidupannya di tahun 2011.

Evaluasi dan perencanaan ini tidak hanya dapat dilakukan secara pribadi, hal inipun dapat dilakukan dalam keluarga, korporat, masyarakat dan bangsa/negara. Keluarga pun dapat melakukan evaluasi diri dengan berdiskusi bersama anggota keluarga untuk melihat pencapaian apa yang telah terjadi pada 2010 dan apa yang ingin diraih pada tahun 2011. Demikian pula dengan bangsa dan negara yang tentunya tanggung jawab utama ada di penyelenggara pemerintahan untuk mengevaluasi pencapaian apa yang telah diraih di tahun 2010 dan apa yang ingin diraih pada tahun 2011.

Beberapa pertanyaan dapat kita ajukan untuk mengevaluasi dan menyambut kehidupan baru :

1. Identifikasi perubahan, pembaharuan dan kemajuan apa yang telah kita capai di tahun 2010 dan bagaimana pada tahun 2011?
2. Menurut kita apakah pencapaian 2010 lebih baik atau tidak dibandingkan dengan 2009 dan analisa sebab-sebabnya.
3. Jika ada hal yang dianggap gagal maka kita harus memeriksa apakah tujuannya realistis? apakah metodanya tepat? apakah sumber dayanya mencukupi? atau ada hal -hal yang bersifat force mejeur? Dan bagaimana cara kita mengatasinya pada tahun 2011?
4. Jika 2010 kita anggap berhasif identifikasi faktor apa yang sangat berperan terhadap keberhasilan tersebut. Hal ini akan manfaat untuk mengulangi kesuksesan di tahun 2011. Meskipun demikian kita harus menyadari mungkin saja berkembang dinamika baru yang sifatnya berbeda antara satu tahun dengan tahun lainnya.
5. Jangan lupa untuk melakukan komparasi, benchmark antar individu, organisasi atau lembaga untuk melihat kita berada di posisi mana, agar kita dapat membuat perencanaan yang lebih kompetitif di tahun 2011.

Tentu sebagai makhluk Tuhan kita pun harus senantiasa bersyukur terhadap apa pun yang telah kita capai. Namun, disamping itu untuk meraih sesuatu yang lebih baik kita pun jangan cepat berpuas diri. Kita harus senantiasa tumbuh dan berkembang agar eksistensi kita lebih bermakna dalam kehidupan ini.

Menutup tulisan ini, sebuah pepatah dari bangsa Palestina layak kita renungi, sebagai berikut :

"who is not satisfied with himself will grow; who is not so sure of his own correctnes will learn many things."

SELAMAT TAHUN BARU 2011 SEMOGA KESUKSESAN SENANTIASA MENYERTAI KITA SEKALIAN .....



Tidak ada komentar: