Jumat, 09 Oktober 2009

ROTASI PEGAWAI DAN PEMBELAJARAN

Pada saat memberikan kuliah pada mahasiswa Pasca Sarjana MM Unpar kemarin malam penulis mendapat pertanyaan menarik dari seorang mahasiswa yaitu mengapa perusahaan harus melakukan rotasi pegawai, bukankah rotasi menyebabkan peningkatan biaya, perlu penyesuaian lagi dan pegawai harus belajar lagi?

Rotasi sangat diperlukan dan bukan semata-mata sekedar memindahkan orang. Ada filosofi mendasar disana dimana setiap orang harus terus belajar dan menyesuaikan diri, demikian pula organisasi harus terus belajar dan menyesuaikan diri. Tanpa mobilitas, tanpa perpindahan, tanpa hijrah, pembelajaran tidak akan terjadi, akan muncul kejemuan dan stagnansi.

Bukankah keberhasilan atau prestasi dihasilkan oleh sebuah perubahan. Perubahan membutuhkan mobilitas, pergerakan. Mobilitas dan pergerakan akan menimbulkan enerji positif dan sebagai awal dari perubahan.

Demikian pula rotasi pegawai atau karyawan akan menimbulkan suatu perubahan baik bagi pegawai itu sendiri maupun bagi organisasi. Perpindahan atau rotasi pegawai ini akan menumbuhkan suasana baru, akan mendorong kreativitas dan inovasi dan orang maupun organisasi akan terus beradaptasi. Inilah esensi pembelajaran yang sangat penting.

Secara tehnis pengelolaan SDM sendiri rotasi memang sangat terkait dengan pengelolaan karir khususnya berkaitan dengan Career Development. Dengan rotasi akan terbuka kesempatan pengembangan karir bagi pegawai yang bersangkutan. Disisi lain kepindahannya akan membuka kesempatan pegawai lain untuk menggantikannya. Terjadi proses kaderisasi dan suksesi. Akan terlihat dan terpilih siapa orang terbaik untuk menduduki suatu posisi.

Rotasi juga akan memperkaya pengalaman kerja pegawai, akan menambah kesempatannya untuk mengembangkan kompetensi lebih lanjut. Rotasi juga akan membuka kesempatan membangun jaringan kerja baru dan memperluas jaringan. Sebagaimana umum diketahui kemampuan orang untuk berkembang dan sukses selain dipengaruhi oleh faktor kompetensi, pengalaman, juga dipengaruhi kemampuan dalam membina jejaring.

Jadi, rotasi merupakan unsur mutlak untuk pengembangan diri dan kesuksesan dalam bekerja. Rotasi juga merupakan bagian penting untuk menciptakan iklim pembelajaran baik bagi individu maupun organisasi.

Rotasi yang dikelola dengan baik jelas akan sangat bermanfaat bagi pegawai maupun organisasi dan manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan biaya atau usaha lain yang diperlukan dalam proses rotasi tersebut.

Tidak ada komentar: